BUANA DEWATA RENTCAR AND TOURS SERVICE
Reservasi Telp or SMS 0821 4516 1780, 0821 4440 6129 (Simpati)
0818 0546 1079 (XL)

Selasa, 01 April 2014

Hari Ngembak Geni adalah berakhirnya waktu melakukan Brata Nyepi, pelaksanaan hari Ngembak Geni ini jatuh sehari setelah Hari Raya Nyepi. Pada hari Ngembak Geni, seluruh umat Hindu di Bali melakukan sembahyangan dan memanjatan doa kepada Hyang Widhi (Tuhan Yang Maha Esa) dengan permohonan agar pada tahun baru Saca berikan kemudahan, kebaikan dan kembali menjadi manusia baru lagi,yang bersih juga suci dari segala dosa dosa dimasa lalu.

Dalam bahasa Bali Ngembak artinya bebas dan Geni artinya api, jadi Ngembak Geni bila dirangkai bermakna bebas menyalakan api (dalam pengertian luas terbebas dan dapat kembali beraktifitas), setelah melasanakan Brata Nyepi selama 24 jam pada saat hari Raya Nyepi.

Setelah selesai, dilakukan dharma santi (bersilaturahmi dan saling memaafkan), baik di lingkungan teman, keluarga maupun masyarakat.
Setelah itu seluruh aktifitas boleh dilakukakan lagi.Inti Dharma Santi adalah filsafat Tattwamasi yang memandang bahwa semua manusia sebagai ciptaan Ida Sanghyang Widhi Wasa hendaknya saling menyayangi. Kita senantiasa mohon maaf kehadapan-Nya tetapi jika kita tidak memaafkan orang lain, maka doa itu akan sia-sia, tidak dikabulkan Ida Sanghyang Widhi Wasa.

Ngembak Geni sendiri adalah merupakan salah satu tahapan dalam pelaksanaan hari raya Nyepi, yang mana tahapan-tahapan tersebut adalah :

1. Tahap pertama Melasti, yaitu membuang mala dalam upaya mensucikan Bhuwana Agung dan Bhuwana Alit.
2. Tahap kedua Tawur, yaitu caru yang bertujuan mengharmoniskan Tri Hita Karana.
3. Tahap ketiga Sipeng, yaitu menggelar tapa-berata-yoga-samadi.
4. Tahap keempat Ngembak Geni, yaitu mengakhiri tapa-berata-yoga-samadi, dan ber Dharma Santi dalam bentuk saling berkunjung dan saling memaafkan.
5. Tahap kelima adalah nunas tirta amertha pada Purnama Kadasa, di saat mana Ida Sanghyang Widhi memberkati dunia dan isinya agar sejahtera menghadapi tahun yang akan datang.(Stiti Dharma on line/Bhagawan Dwija)

Dari pemaparan diatas dapat disimpulkan, setelah melaksanakan Ngembak Geni ini diharapkan dapat tercapai keharmonisan sesuai dengan Tri Hita Karana, hubungan manusia dengan manusia, hubungan manusia dengan alam, juga hubungan manusia dengan Sang Pencipta ( Tuhan Yang Maha Esa), agar benar benar menjadi awal permulaan yang baru dalam menjalankan kehidupan saat ini dan akan datang.

dikutip dari : http://www.wisatadewata.com/article/adat-kebudayaan/upacara-ngembak-geni

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Updates