BUANA DEWATA RENTCAR AND TOURS SERVICE
Reservasi Telp or SMS 0821 4516 1780, 0821 4440 6129 (Simpati)
0818 0546 1079 (XL)

Jumat, 21 Maret 2014

Tirta Empul adalah pura yang terletak di Desa Manukaya, Kecamatan Tampak Siring, Kabupaten Gianyar, Bali. Lokasinya tepat di sebelah Istana Presiden di Tampak Siring yang dulu di bangun oleh presiden pertama RI, Soekarno.

Jika Anda dari airport di Denpasar, untuk menuju ke Tirta Empul, diperlukan waktu sekitar satu jam lima belas menit dengan mobil. Di tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun mancanegara ini, terkenal karena terdapat mata air yang hingga kini dijadikan air suci untuk melukat oleh masyarakat dari seluruh pelosok Bali, dan bahkan tak jarang, para wisatawan yang berkunjung pun tertarik untuk ikut melukat.


Pura Tirta Empul ini juga merupakan salah satu situs peninggalan sejarah di Bali khususnya Gianyar. Oleh karena itu pula, presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno mendirikan sebuah Istana Presiden tepat di sebelah barat Pura Tirta Empul, Tampak Siring. Para presiden Indonesia yang datang ke Bali biasanya menyempatkan diri singgah ke Istana Presiden Tampak Siring tersebut. Saat ini pura Tirta Empul dan lokasi tempat melukat tersebut merupakan salah satu lokasi wisata unggulan di kabupaten Gianyar.

Konon terdapat sebuah cerita tentang seorang raja yang bernama Mayadenawa, Mayadenawa sangat sakti tetapi jahat. Bhatara Indra pun diutus dari langit untuk membunuh Mayadenawa. Mayadenawa kewalahan lalu melarikan diri dengan berjalan sambil memiringkan telapak kakinya agar tidak terdengar oleh Bhatara Indra. Dari sanalah kemudian muncul nama sebuah desa Tampak Siring. Mayadenawa kemudian meracuni pasukan Bhatara Indra dengan air yang sudah diracuni, Bhatara Indra lalu menancapkan sebuah bendera ke tanah dan tersembur air yang dijadikan penangkal racun Mayadenawa. Konon sumber air itulah yang kini disebut Tirta Empul.

Untuk jalur pariwisata di Bali, desa Tampak Siring digunakan sebagai jalur persinggahan wisatawan yang telah berkunjung ke daerah wisata Ubud menuju ke danau Batur.

Jika anda berkunjung ke Bali, sebaiknya anda meluangkan waktu untuk datang ke kawasan wisata ini dan berkunjung ke istana presiden. Banyak pengalaman dan hal baru yang akan anda ketahui jika anda berwisata ke pura Tirta Empul.


Jika anda memerlukan sarana transfortasi untuk berwisata, anda dapat menghubungi kami sebagai penyedia Sewa Mobil di Bali. Anda dapat menyewa kendaraan yang sudah lengkap dengan sopir dan BBM. Kendaraan yang kami sediakan seperti Avanza, APV, ELF, dam Hiace. Untuk informasi lebih lanjut tentang ketersediaan kendaraan, silahkan Anda hubungi kami.

0 komentar:

Posting Komentar

Recent Updates